Tips Mempercepat Loading Halaman Website Dengan W3 Total Cache

cara-mempercepat-halaman-website

Mempercepat loading halaman website adalah sesuatu yang kadang suka dilupakan oleh para webmaster. Padahal, halaman yang lambat dibuka tentunya membuat kesal, apalagi kalau kita lagi online dengan jaringan yang tidak terlalu bagus. Karena itu penting untuk menjaga load time website kita sesingkat mungkin.

Ada banyak cara untuk mempersingkat waktu loading halaman website, tapi kali ini saya akan membahas tentang W3 Total Cache saja. W3 Total Cache adalah plugin gratis yang diperuntukkan bagi pengguna platform wordpress. Tentunya versi wordpress yang kita install di hosting sendiri, bukan di wordpress.com.

Cukup ikuti langkah berikut:

1. Silahkan install plugin W3 Total Cache.

2. Setelah didownload dan diaktivasi, kini ada opsi Performance di dashboad admin anda. Klik, dan anda akan masuk ke General setting W3Total Cache.

3. Pada opsi General, pilih Toggle all caching types on or off at once.

4. Matikan centang pada opsi CDN dan Cloudflare, kecuali kalau anda memang memiliki kedua layanan tersebut.

5. Klik Minify pada sidebar, lalu pada opsi HTML & XML aktifkan semua tanda centang yang tersedia, kecuali opsi Don’t minify feeds. 

6. Klik lagi pilihan Browser Cache pada sidebar. Pada pilihan General, CSS & JS, HTML & XML dan Media & Other Files, centang tiga pilihan berikut:

  • Set expires header
  • Set cache control header
  • Set entity tag (eTag)

Ingat, lakukan hal yang sama pada pilihan General, CSS & JS, HTML & XML dan Media & Other Files diatas.

7. Klik Save All. Selesai.

Hanya dengan melakukan 7 langkah diatas, anda sudah membuat perubahan yang cukup signifikan pada website anda. Secara fisik tidak akan nampak perubahan apa-apa, namun kecepatan loading website anda akan terasa lebih ringan.

Setting diatas juga saya terapkan pada blog saya ini, dan hasilnya lumayan memuaskan. Setelah saya melakukan performance test di pingdom, blog saya dapat performance grade 92. Lumayan lah, mengingat saya pernah dapat grade parah dibawah 60 gara-gara kebanyakan junk yang aneh-aneh, hehe..

Tentunya masih banyak cara untuk mempercepat loading halaman website anda, tapi menurut saya ini termasuk cara yang sangat mudah dan tentunya gratis 🙂 Silahkan dicoba, semoga bermanfaat.

4 thoughts on “Tips Mempercepat Loading Halaman Website Dengan W3 Total Cache”

    1. Biasanya kalo error karena konflik sama plugin lain mas.

      Kalo saya biasanya disable all plugin dulu. trus aktifkan satu per satu, liat yang mana yang bikin masalah.

      Plugin cache lain yang bagus bisa juga coba WP Super Cache

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *