Tanaman Obat Keluarga (TOGA), Sudah Punya Belum?

Tanaman-Obat-Keluarga-TOGA

Tanaman obat keluarga, sudah pernah dengar belum? Belakangan ini banyak orang, terutama yang tinggal di perkotaan merasa asing dengan istilah ini. Padahal, dulu para orang tua kita sangat familiar dengan TOGA alias tanaman obat keluarga. Kini, mungkin anda akan lebih familiar dengan obat dari tumbuhan herbal. Beda istilah, namun sama artinya.

Pada prinsipnya, TOGA adalah tanaman berkhasiat obat yang kita budidayakan dirumah, sekolah atau lokasi manapun selagi masih terdapat lahan kosong untuk ditanami. Anda juga bisa menggunakan pot maupun polybag untuk menanam TOGA.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan ketika menanam TOGA. Sakit perut? Tinggal petik daun jambu. Masuk angin? Sari kencur pasti membuat nyaman. Anak susah makan? Temulawak bisa langsung dipanen dari pekarangan.

Jenis Tanaman Obat Keluarga

jenis-tanaman-obat-keluargaBagi yang sudah sering berkebun, tentu nama-nama tanaman obat berikut ini sudah tidak asing lagi. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa kita tanam sebagai tumbuhan obat.

Daun-daunan diantaranya: seledri, sirih, daun bayam, kemuning, jintan, pacar cina, daun jambu.

Batang-batangan diantaranya: kayu manis, brotowali, dadap ayam.

Buah, biji dan akar diantaranya: Jeruk nipis, belimbing wuluh, cabe merah, pinang, pala dan aren.

Umbi dan rimpang diantaranya: jahe, kencur, temulawak, temu kunci, kunyit dan lengkuas.

Khasiat dan Manfaat Tanaman Obat Keluarga

khasiat-tanaman-obat-keluargaKhasiat yang anda dapatkan dari menanam obat herbal sendiri tentu saja banyak sekali. Berikut beberapa contoh yang bisa anda praktekkan sendiri dirumah.

  • Mengobati payudara bengkak pada ibu menyusui: gunakan saja daun dewa alias samsit (Gynura divaricata), karena daun dewa ini memiliki sifat penghilang rasa sakit dan pereda nyeri.
  • Anda sulit tidur? jangan khawatir. Petik saja daun kangkung dan masak sebentar (jangan terlalu lama, nanti khasiatnya berkurang). DAun kangkung memiliki khasiat anti insomnia.
  • Darah tinggi bisa diobati dengan tanaman obat juga lho, obat darah tinggi adalah daun seledri, buah mentimun dan bunga rosella. dijamin hipertensi anda akan ringan seketika.
  • Obat Panu: Lengkuas
  • Obat Diabetes: Biji jamblang
  • Obat Diare: Daun jambu biji.

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaatnya? Cukup sediakan pot, dan anda sudah memiliki apotek sendiri di rumah.Tanaman-Obat-Keluarga-TOGA

Video Tentang Tanaman Obat

Tanaman Obat Keluarga PDF

Link berikut ini mungkin bermanfaat bagi yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang tanaman obat keluarga dalam bentuk PDF. Semoga bermanfaat. Download disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *