Standar Ukuran Kertas

Ukuran kertas A4 itu apa sih? Apa bedanya dengan F4? Letter? Mungkin banyak dari kita yang pernah bertanya soal itu.

Hal itu juga sering ditanyakan banyak orang. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai ukuran-ukuran kertas.

Ukuran standar kertas yang berlaku di seluruh dunia saat ini diatur secara internasional oleh Standar ISO 216. Sedangkan di Indonesia standar tersebut diadopsi dalam standar SNI 216:2010. Dalam standar tersebut -baik ISO maupun SNI-, ukurannya dibagi-bagi diantaranya dalam kelompok:

 

  • Kertas Cetak A
  • Kertas Cetak B
  • Kertas Cetak C / Amplop
  • Kertas Cetak Surat Kabar

ukuran-kertas-a4Selain ukuran diatas, terdapat juga beberapa ukuran lain. Seperti halnya ukuran Letter yang sering kita lihat di setting printer maupun microsoft word. Standar alternatif tadi terutama dipakai di Amerika Serikat dan Kanada. Mereka memakai standar ANSI Y14.1M.

Berikut adalah ukuran kertas yang umum dipakai orang:

  • Ukuran kertas A3: 420 x 297 mm
  • Ukuran kertas A4: 297 x 210 mm
  • Ukuran kertas F4: 210 × 330 mm
  • Ukuran kertas Letter: 215.9 × 279.4 mm

Jika anda mencetak surat atau tulisan apapun dengan menggunakan printer, biasanya secara default printer akan menggunakan ukuran A4 atau Letter, karena memang kedua jenis kertas itu merupakan standar kertas untuk menulis surat. Dimana ukuran letter hanya dipakai di Amerika Serikat dan Kanada saja.

Apa Beda Ukuran Kertas A4 Dengan Kuarto dan Folio?

Ini mungkin salah satu misteri yang masih menghantui para pelajar dan mahasiswa. Anda mau beli kertas Kuarto, yang ada malah dikasih kertas A4 sama penjualnya. Anda bingung, siapa yang kurang gaul? Hehehe..

Sebenarnya penamaan itu berasal dari masa percetakan abad pertengahan, dimana satu lembar kertas biasanya akan dibundel menjadi buku tanpa dipotong, hanya dilipat saja. Nah, buku yang hanya memakai satu lipatan, disebut folio, sedangkan yang dilipat lebih kecil disebut quarto, yang berarti setengah folio.

Kini, penamaan folio dan kuarto sudah tidak diterima lagi sebagai standar ukuran kertas. Makanya anda tidak akan menemukan ukuran folio atau kuarto di page setting microsoft word anda. Tapi secara umum di Indonesia, orang-orang akan menyebut kertas A4 sebagai kertas kuarto, dan kertas F4 sebagai kertas folio.

Setelah membaca ini, anda sudah tau soal standar ukuran kertas kan? Jangan salah lagi ya..

ukuran kertas kuartokertas kuartoukuran kuartoukuran kertasukuran kertas quartoukuran kertas kwartokertas kwartoukuran kertas folioukuran kertas kuarto di ms wordukuran kertas kuarto di microsoft word

Content Protection by DMCA.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>