Sistem Ekonomi Indonesia Itu Apa Sih?

Oke, ini pertanyaan gampang-gampang susah. Sistem ekonomi indonesia itu kan selalu digaung-gaungkan sebagai ekonomi yang bukan liberal, tapi sosialis juga enggak. Tapi guru-guru ekonomi saya dulu nggak pernah menyebut dengan pasti, sistem ekonomi indonesia itu apa?

Baik, baik.. Saya sudah dengar anda teriak teriak disana.. Ada yang jawab ekonomi pancasila, ada yang bilang ekonomi campuran, ada juga yang nyebut ekonomi demokrasi.

Sodara-sodara, anda harus ingat satu hal: apapun masalah anda, Google selalu ada untuk anda. Google is your friend.

Setelah bercucuran keringat mengobrak-abrik website Kementerian Keuangan (siapa tau ada lowongan CPNS), Bank Sentral / Bank Indonesia (sambil ngecek kurs rupiah), sampai website Otoritas Jasa Keuangan (nyasar aja), saya nggak ketemu juga jawabannya. Wajar aja, karena saya mencari di tempat yang salah. Hehehe..

Setelah mencari-cari lagi, ini dia konsensus yang saya temukan:

Sistem Ekonomi Indonesia: Sistem Ekonomi Pancasila

Sistem-Ekonomi-Indonesia-Pancasila

Sebenarnya, ada beberapa sistem yang sudah diadopsi oleh republik ini dari pertama kali berdiri.

  • Sebelum tahun 1959, sistem ekonomi kita adalah sistem ekonomi liberal.
  • Tahun 1959 – 1966 adalah masanya sistem ekonomi terpimpin. Dimulai dari Dekrit Presiden 1959 sampai runtuhnya Orde Lama
  • Tahun 1966 – 1998 dikembangkanlah sistem ekonomi pancasila, para perumusnya antara lain Sumitro Djojohadikusumo, Emil Salim dan Prof. Mubyarto.
  • Reformasi 1998 hingga kini sistem ekonomi yang dipakai tetap sistem ekonomi pancasila, namun dengan kecenderungan pada ekonomi liberal.

Sistem ekonomi pancasila pada masa awal orde baru berhasil menstabilkan ekonomi indonesia yang berantakan pada akhir orde lama. Inflasi berhasil diturunkan dari 650% pada 1966 menjadi hanya 13% pada 1969. Sistem ini memposisikan rakyat sebagai pelaku utama, memperhatikan sektor koperasi, dan mengembangkan kekuatan moral masyarakat.

Some quick facts:

Q: Landasan Idiil Sistem Ekonomi Indonesia?

A: Pancasila

Q: Landasan Konstitusional?

A: Undang-undang Dasar 1945 Pasal 33

Q: Landasan Pelaksanaan?

A: Kekeluargaan dan Kegotong-royongan

Jadi, sudah dapat jawaban soal jenis kelamin sistem ekonomi indonesia? Well, nggak juga sih. Meskipun ini jawaban konsensus yang didapat di Internet, tapi tidak ada satupun sumber resmi yang menjelaskan secara gamblang bahwa sistem ekonomi pancasila adalah sistem ekonomi indonesia yang sesungguhnya. Tidak ada undang-undangnya, tidak ada ketetapan MPRnya, tidak ada dasar hukum apapun.

Satu-satunya dokumen negara yang menyebutkan soal ekonomi pancasila adalah GBHN tahun 1998-2003. Sayangnya, GBHN bukan undang-undang. Kita juga sudah tidak punya GBHN.

So, mungkin saya akan menyimpulkan: Secara normatif, sistem ekonomi indonesia adalah sistem ekonomi kerakyatan, yang berlandaskan Pancasila dan UUD 45.

Perkara sekarang kita lebih mirip negara kapitalis, itu soal lain lagi :)

Literatur bagus oleh Prof. Mubyarto yang patut dibaca: Klik disini.

contoh soal soal tentang sistem ekonomi terpimpinmencari sistem ekonomi indonesia dan sistem yang bagaimanapertanyaan dan jawaban tentang ekonomi pancasilapertanyaan untuk sistem periode 1966 sampai 1998

Content Protection by DMCA.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>