10 Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia

10 Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia – Seperti yang kita ketahui, akhir-akhir ini kesadaran masyarakat Indonesia untuk mengikuti program asuransi semakin meningkat. Pertumbuhan perusahaan asuransi baik asuransi syariah maupun asuransi konvensional juga mulai menggeliat.

Perkembangan jenis dan produk asuransi juga semakin berkembang. Asuransi kesehatan dan asuransi jiwa kini didesain untuk berkolaborasi dengan investasi, sehingga muncullah produk asuransi unit link. Belum lagi produk asuransi resiko seperti asuransi kendaraan bermotor atau asuransi rumah yang biasanya ditawarkan satu paket dengan kredit kendaraan bermotor atau kredit kepemilikan rumah (KPR).

Masuknya perusahaan asuransi asing yang bermodal besar seperti Allianz dan Prudential pun merubah peta persaingan asuransi di indonesia, yang tadinya hanya diisi pemain lokal seperti Bumiputeraatau Jiwasraya.

Daftar perusahaan asuransi terbaik di Indonesia yang saya kumpulkan kali ini merupakan rangkuman dari berbagai macam informasi yang tersebar di media, bukan riset ilmiah. Supaya adil, daftar ini saya susun secara alfabet.

perusahaan-asuransi-terbaikDaftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia

AIA Financial

Berdiri tahun 1983. Sempat berganti nama dari PT Asuransi Lippo Jiwa Sakti menjadi Lippo Life, kemudian AIG Lippo dan Setelah 80% sahamnya dimiliki American International Assurance, berubah nama menjadi AIA Financial.

Allianz

Merupakan cabang dari Allianz SE Jerman, yang merupakan salah satu perusahaan asuransi terbesar di dunia. Masuk di Indonesia sejak tahun 1981. Bergerak pada bidang asuransi jiwa, kesehatan, employee benefit, serta dana pensiun dan saving.

Avrist

Berdiri sejak 1975, PT Avrist Assurance (Avrist) adalah perusahaan asuransi jiwa patungan multinasional pertama di Indonesia, yang menyediakan program asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan kesehatan, asuransi jiwa kredit dan pensiun, baik untuk perorangan maupun kelompok, termasuk produk-produk asuransi jiwa berbasis syariah/takaful, melalui beragam saluran distribusi.

AXA Mandiri

Merupakan perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh Bank Mandiri dan AXA Group. Jika anda nasabah Bank Mandiri mungkin sudah pernah ditawarkan asuransi ini.

Bumiputera 1912

Merupakan salah satu perusahaan asuransi paling tua di Indonesia. Sesuai namanya, didirikan pada tahun 1912. yang menarik dari asuransi ini adalah prinsip mutual share yang mereka pegang, dimana setiap pemegang polis adalah pemilik perusahaan

CIGNA

Asuransi CIGNA berdiri di Indonesia sejak tahun 1990. Merupakan cabang dari perusahaan asuransi CIGNA Group yang bermarkas di connecticut, Amerika Serikat.

Jiwasraya

PT Asuransi Jiwasraya adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di sektor asuransi. Perusahaan ini didirikan pada 31 Desember 1859 dengan nama Nederlandsche Indische Levenverzekering en Lijvrente Maatschappij (NILLMIJ) dan merupakan perusahaan asuransi jiwa pertama yang didirikan di Indonesia.

Manulife

Perusahaan asuransi ini adalah cabang dari Manulife Financial yang merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di dunia yang diukur berdasarkan kapitalisasi pasar. Manulife saat ini memiliki sekitar 26.000 karyawan di seluruh dunia. Di Indonesia perusahaan ini berdiri sejak tahun 1985.

Prudential

Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, group jasa keuangan ritel berbasis di London, Inggris. Pada tahun 2011, unit asuransi jiwa dari Prudential dinobatkan sebagai perusahaan asuransi terbaik oleh majalah investor untuk perusahaan dengan aset diatas 10 trilyun.

Sinarmas

Asuransi Sinar Mas (ASM) merupakan anak perusahaan dari perusahaan Sinar Mas Group yang didirikan pada tanggal 27 Mei 1985. Pada pertama kali berdiri, dinamakan PT. Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta. Kemudian pada tahun 1991 baru berubah menjadi PT. Asuransi Sinar Mas.

Demikian 10 Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia Menurut versi saya. Masing masing perusahaan tentu ingin menjadi perusahaan asuransi terbaik, namun pada akhirnya andalah yang menentukan. Eh, ngomong-ngomong sudah punya asuransi belum?

asuransi terbaik di indonesiaasuransi terbaik di duniaasuransi kesehatan terbaikasuransi kesehatan yang bagusperusahaan asuransi terbaik di indonesiaasuransi yang bagusdaftar asuransi terbaik di indonesiaasuransi terbaikperingkat asuransi di indonesia10 asuransi terbaik di indonesia

Content Protection by DMCA.com

Comments

  1. says

    Terima kasih Pak atas sharenya, ini bisa dijadikan pertimbangan tersendiri bagi saya saat memilih perusahaan asuransi yang terpercaya
    Sukses selalu buat anda..

    • says

      Wahahahaha… Thank you for coming. Yang mulia YDG bisa menemukan web blog mungil nan sederhana ini..

      Saya masih belum meninggalkan profesi saya yang berpeluh redam dibawah terik matahari tropis kalimantan, tapi mungkin kalau anda tertarik, bisa juga beli asuransi lewat saya.

  2. agus kasbon panggilan smk ku says

    masih bingung tentang Asuransi…
    masing2 instansi pada ngrebutin nama perusahaan asuransinya yg paling no.1 .
    sebenernya Asuransi apa yg paling TOP ya MAS…
    mohon pencerahanya…
    bingung pilih asuransi yg cocok buat saya ma kluarga saya.
    Terima Kasih

  3. Helena says

    Terimakasih atas sharingnya pak..Sebenarnya semua perusahaan mengaku selalu no 1. Kembali lagi penilaian tsb ada bidangnya masing2. Contohnya perusahaan Asuransi A peringkat nomor 1 di indonesia dr segi Market.. Perusahaan B no 1 dari segi jumlah Asset… Perusahaan C nomor 1 dari segi pertumbuhan new bisnis.. Menurut saya masing2 perusahaan menempati posisi disetiap bidangnya..Yang perlu bapak pertimbangkan saat membeli asuransi adalah :
    1. Jika ada Agen yg menawarkan Asuransi kesehatan dr perusahaan A silahkan bapak browse dulu perusahaan tsb.. Caei tahu nama dan banyaknya complain yg muncul di internet utk asuransi tsb..
    2. Jika bapak sedang mencari asuransi pendidikan, maka carilah asuransi yg memang menyediakan product pendidikan.. Yg terpisah dr Asuransi Kesehatan.. Misal, bapak sudah dpt cover full dari kantor namun Agen yg bapak temui memaksakan untuk mengambil productnya yg sebenarnya merupakan Asuransi Kesehatan, yg memang di atas tahun ke 5 akan menjadi investasi, namun nilai investasi yg bapak harapkan akan tidak sesuai, karena dalam 5 tahun awak termakan biaya2 utk proteksi kesehatan..sementara bapak tidak memakai. Sebaiknya beritahu kepada agen yg sebenarnya bahwa proteksi kantor sudah cukup utk kesehatan. Namun bila anda adalah. Seorang wiraswasta,
    maka combinasi antara Asuransi Kesehatan dan Pendidikan sudah bagus.
    3. Dengan banyaknya perusahaan Asuransi, sebaiknya pertimbangkan RS Rekanan dr Perusahaan asuransi tsb, Cashless atau system rembushment, karena jika rembush kita akan repot jika kebetulan tidak ada uang cash.. System kartu lebih baik.

  4. Irma says

    Siang pak agus,
    Saya bisa bantu pecahkan masalah bpk yg bingung memilih asuransi apa.. Kalo bapak mau, kita bisa berdiskusi via email..

    Thanks pak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>