Menggunakan VLOOKUP – Formula Excel Favorit Saya

Hari ini kita akan membahas mengenai VLOOKUP. Ini adalah salah satu formula excel favorit saya. Formula ini cukup mudah dipelajari dan bisa dipakai untuk banyak kebutuhan. Dan mungkin saja setelah membaca posting ini, VLOOKUP juga jadi formula kesayangan anda :)

Sedikit cerita soal pengalaman pertama saya dengan VLOOKUP. Waktu itu saya baru selesai kuliah, dan mendapatkan pekerjaan pertama saya di bidang data processing di salah satu perusahaan pertambangan di Kalimantan Selatan.

Meskipun selama kuliah saya biasa memakai Microsoft Excel, namun terbatas hanya pada formula SUM, AVERAGE atau sekadar tambah-kurang-kali-bagi saja. Microsoft Excel menurut saya waktu itu hanyalah kalkulator besar, dimana kita bisa membuat tabel dengan mudah, tidak repot seperti di Microsoft Word :)

Singkat kata, waktu saya melihat rekan kerja saya menggunakan berbagai macam formula excel, saya sampai terkagum-kagum. Bagaimana tidak? Dia bisa mengolah ribuan data hanya dalam hitungan menit saja. Saya pun memohon-mohon minta diajarin, tapi dia cuma bersedia mengajarkan satu formula saja: VLOOKUP. Pelit? Memang iya. Hehe.. Tapi itu sudah lebih dari cukup kok.

Alhasil, setelah mahir memakai VLOOKUP, saya jatuh cinta pada excel dan mempelajari formula-formula lain. Namun tetap favorit saya adalah VLOOKUP. Nah lho, kok jadi ceritanya yang panjang lebar? Hehe..

Okay, langsung saja. VLOOKUP sebenarnya adalah turunan dari formula LOOKUP. Arti harfiahnya: MENCARI. Kita bisa mencari sebuah nilai pada suatu kolom dengan mencocokkannya dengan nilai pada baris yang sama pada kolom yang lain. Bingung? langsung ke praktek.

Studi Kasus Rumus VLOOKUP

Misal ada 5 orang gadis muda yang ingin anda jadikan calon istri. Karena anda pelupa, anda mencatatnya di excel.

Rumus-microsoft-excel-vlookup

Setelah mencari wangsit semalaman, anda ternyata menjatuhkan pilihan pada STEFANI. Tapi karena sangat pelupa, anda lupa apa pekerjaan Stefani?

Formula-excel-vlookup

Ternyata Mbah Excel memberi wangsit pada anda. Pada cell E3 (warna kuning di gambar diatas) ketikkan: =VLOOKUP(D3,A2:B6,2,0) lalu tekan enter.

Voila!! Ternyata pekerjaan Stefani adalah Pramugari. Mudah sekali bukan?

rumus-vlookup-excel-formula

Aplikasi sesungguhnya untuk formula ini tentunya sangat luas. Bukan untuk mengingatkan  pekerjaan calon istri anda, hehe.. Bisa saja ini digunakan untuk melacak nomor invoice misalnya. Atau mencari harga barang tertentu, atau mencari nama siswa dari ribuan nama hanya dengan menggunakan nomor induk siswa.

Sebagian pakar excel bahkan mengatakan kalau fungsi VLOOKUP ini merupakan formula excel yang paling banyak digunakan selain formula dasar SUM dan AVERAGE lho.

Oya, silahkan unduh file latihannya disini. Silahkan dicoba, kalau ada kesulitan, jangan malu-malu bertanya :)

rumus excell agar tidak terjadi penulisan no induk yang samacara mencari data dengan v look upRumus VLOOKUP(x13 di pake buat apamencari kata terbanyak menggunakan excelcara membuat data input menggunakan excelrumus microsoft excel nama barang vlookupcara vlookup untuk mencari data yang banyakcara menambahkan satu kata di satu cell excelrumus excel formularumus excel mencari selisih barang

Content Protection by DMCA.com

Comments

  1. says

    aq sekarang lagi bingung…udah pake vlookup tapi size datanya jadi gede n klo saving prosesny lama banget…..yg paling parah sampe not reponding…mohon bantuannya??gmn supaya nge-savenya ga pake lama…tq yah…

    • says

      VLOOKUP biasanya tidak terlalu memberatkan komputer kok. Kecuali kalau memang data yang dikerjakan sangat besar.

      Boleh tahu lebih detail, data seperti apa yang anda coba kerjakan?

  2. diez says

    aku pernah diajarin,, kalau data kita jumlahnya gede truz abis pake rumus jd berat,maka hasil vlookup nya di copy-paste special aja,,,

  3. Dhanik says

    so many thank you sirrr … ^^

    Penjelasannya sangat mudah dicerna oleh aku yang bebal ini -_-’
    I suggest you to be a tutor .. hhii^^

  4. rahmat says

    mas, kan fungsi tabelnya vlookupnya lebih dari satu.. kenapa saya tidak bisa menarik rumus vlookup ke bawah seperti fungsi “sum”, “min”, “max”… ??

    “tabel array” selalu turun kebawah ketika saya menarik rumus itu..

    • says

      Tentu saja bisa, formulanya cuma perlu dimodifikasi sedikit, supaya tidak berubah ketika cell ditarik ke bawah.

      Agar formula menjadi absolut, tinggal ditambahkan karakter $ (dollar)

      Kalau dalam rumus diatas berarti berubah menjadi: =VLOOKUP(D3,$A$2:$B$6,2,0)

      Mungkin dalam posting selanjutnya saya akan bahas soal ini lebih dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>