Membuat Chart Dengan Conditional Formatting Pada Microsoft Excel

Jika anda seorang pelajar atau mahasiswa, anda pasti pernah memakai Microsoft Excel untuk mengolah dan menampilkan data. Salah satu fungsi pada Microsoft Excel yang cukup disukai adalah kemampuannya untuk menampilkan data dalam bentuk yang menarik. Bukan hanya berbentuk tabel, tapi juga berupa tampilan grafik atau chart.

Kali ini kita akan mencoba membuat sebuah chart / grafik yang memiliki keunikan, yaitu bisa berubah warna setelah mencapai atau melewati angka tertentu. Kita sebut saja chart ini sebagai Chart Dengan Conditional Formatting.

Seluruh tabel dan grafik yang ditampilkan pada postingan ini dibuat dengan menggunakan Microsoft Excel 2010, menyesuaikan dengan versi yang terinstall di komputer saya. Jika anda memakai versi excel yang lain, bisa disesuaikan. Tidak banyak perbedaan pada langkah-langkah yang akan kita pelajari.

Anda mungkin pernah menemui data seperti ini:

Tabel Penjualan Target Excel 2010

Data diatas ini adalah tabel yang menunjukkan Jumlah Penjualan dan Target Penjualan pada 5 orang sales. Anda bisa saja mengganti  data tersebut dengan nilai ujian murid dan nilai minimum untuk kelulusan misalnya. Sesuaikan saja dengan kondisi anda.

Anda kemudian ingin menunjukkan data ini dalam bentuk grafik, bukan tabel seperti itu saja. Maka yang perlu anda lakukan hanya menyorot Cell A1 sampai C6, dan kemudian menekan shortcut untuk membuat chart, yaitu alt+F1. Jika anda menggunakan Microsoft Excel 2010, cukup klik Insert > Chart.

Hasil default yang akan ditampilkan oleh excel adalah seperti berikut.

Chart Penjualan Default Excel

Hmm.. bukan chart yang buruk, tapi tentu saja bukan seperti ini yang kita inginkan. Apalagi kalau chart ini ingin anda presentasikan kepada atasan anda, atau ditampilkan pada laporan bulanan misalnya.

Apa yang kurang? Chart diatas tidak memberikan penekanan pada Jumlah Penjualan yang diatas target atau dibawah target.

Coba bandingkan dengan chart yang satu ini, menurut saya (dan mungkin atasan anda) ini terlihat lebih baik.

Modifikasi Chart Excel Dengan Dua Warna

Bagaimana? Lebih bagus kan? Berikut cara membuatnya.

  • Pada tabel data awal tadi, tambahkan satu kolom Dummy Cell di kolom D, lalu pada cell D2 masukkan formula =IF(B2>C2,100,B2). Copy formula tersebut ke cell D3 sampai D6

Cara Membuat Chart Excel Dummy 1

  • Kemudian buat chart baru dari data ini. Hasilnya akan terlihat seperti ini:

Cara Membuat Chart Excel Dummy 2Masih terlihat buruk? Kan belum selesai..

  • Pada chart, klik grafik batang yang berwarna merah, yaitu Target. Kemudian klik kanan dan pilih “Chart Series Data Type..”. Pada window selanjutnya yang muncul, pilih line.
  • Lalu klik grafik batang berwarna hijau, yaitu Dummy. Klik kanan dan pilih “Format Data Series”. Pada Series Options, geser slider hingga Overlapped 100%.
  • Kini secara umum anda sudah memiliki chart dengan conditional formatting, yakni nilai yang berada dibawah target warnanya akan berbeda dengan yang diatas target.

Cara Membuat Chart Microsoft Excel Dummy 3

Kini kita akan menambahkan sedikit polesan lagi agar chart terlihat lebih cantik dan keren. Untuk menambahkan value pada grafik:

  • Pilih Cell B1 sampai B6, kemudian copy cell tersebut. Lalu pilih grafik yang sudah kita buat tadi dan tekan ctrl+V. Jika anda melakukannya dengan benar, sekarang akan ada line chart baru pada grafik anda.
  • Klik garis tadi, klik kanan add data labels. Kemudian klik kanan pada data labels, pilih “Format Data Labels…”. Pada option labels position, pilih Above.
  • Kemudian pilih “Format Data Series…”. Pada tab Line Color, pilih option No Line. Kini garis yang mengganggu tadi menghilang, dan yang tinggal hanya nilai total penjualan tiap sales saja.

Untuk merapikan, anda dapat menghilangkan legend, vertical axis, dan gridlines pada chart. Agar grafik batang kita tidak terlihat kurus, anda dapat mengatur gap Width menjadi 50% saja.

Terakhir, anda dapat menyesuaikan warna chart sesuai selera anda. Pada kasus diatas, saya memakai warna merah untuk penjualan dibawah target, dan hijau untuk penjualan diatas target.

That’s All! Sekarang anda sudah mendapatkan chart microsoft excel yang cantik dengan tampilan yang mudah dimengerti oleh atasan atau audiens presentasi anda. :)

Oh ya, saya sudah menyediakan file excel yang kita kerjakan tadi untuk anda download. Ada ide lain atau pertanyaan? Silahkan berkomentar dibawah. Selamat mencoba!

Download Contoh Chart Yang Sudah Jadi Disini

membuat grafik yang cantik dengan excel 2010format warna grafik line pada exlecara membuat chart hasil dengan target excel 2010membuat tampilan excel lebih bagusmenampilkan grafik hasil vs targetmenyesuaikan chart title dengan cellmenyisipkan angka target dalam grafikShort cut untuk coditional formatingtampilan home cantik excelMembuat grafik yang bagus dan menarik dengan warna

Content Protection by DMCA.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>