Keren! 5 Manfaat Telur Yang Akan Mengejutkan Anda

Manfaat Telur Keren

Siapa yang sudah makan telur hari ini? Mungkin sebagian besar akan menjawab sudah. Memang telur adalah satu dari sedikit makanan yang sangat bermanfaat. Manfaat telur pun beragam, selain sebagai sumber nutrisi, juga beragam kegunaan lain yang terkadang jarang kita pikirkan.

Sebagai gambaran betapa bermanfaatnya telur, beberapa peneliti bahkan menyebutnya sebagai salah satu makanan yang paling lengkap di planet bumi, alias “superfood”.

Maklum saja, satu buah telur mengandung segala asupan makanan yang dibutuhkan untuk mengubah satu sel embrio menjadi seekor anak ayam utuh!

Jika anda pagi ini sudah mengkonsumsi telur, berarti anda sudah memenuhi kebutuhan gizi berikut:

  • Vitamin A : 6% Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Asam Folat : 5% AKG (Baik untuk ibu hamil)
  • Vitamin B2 : 15% AKG
  • Vitamin B5 : 7% AKG
  • Vitamin B12 : 9% AKG
  • Fosfor : 9% AKG
  • Selenium : 22% AKG
  • Vitamin D, E, K, B6, Kalsim dan Seng
  • Energi 77 Kalori
  • 6 gram Protein
  • 5 gram Lemak
  • Berbagai macam nutrien lainnya yang baik untuk kesehatan

Bahkan, kalau anda membeli telur yang sudah difortifikasi dengan omega 3, lebih bagus lagi lho, karena omega 3 berfungsi untuk melawan kolesterol jahat dan tentunya membuat anak anda lebih cerdas.

Sampai disini saja, kita sudah bisa menyimpulkan kalau telur adalah salah satu makanan paling bernutrisi.

Tapi ingat, jangan memakan telur dalam keadaan mentah. karena bakteri salmonella yang terkadang menempel di kulit telur bisa mengkontaminasi anda, dan membuat diare, demam bahkan infeksi pencernaan.

Baca Juga: 3 Fakta Masker Putih Telur Yang Perlu Anda Tahu

Manfaat Telur Keren

Ada satu lagi kandungan telur yang mugkin belum pernah kita dengar: Kolin.

Belum pernah dengar kan?

Padahal, kolin adalah nutrisi yang sangat penting. Fungsinya terutama sebagai bahan untuk membangun membran sel dan memiliki peran penting dalam produksi molekul syaraf didalam otak.

Meskipun penting, sebagian besar orang ternyata kekurangan kolin. Padahal hanya dengan mengkonsumsi telur saja, anda sudah bisa mendapatkan 100 miligram kolin dalam setiap butirnya.

Keren ya?

Itu belum seberapa, karena masih banyak lagi manfaat telur lainnya yang perlu anda tahu, dan mungkin akan membuat anda terkejut. Berikut 5 diantaranya:

Telur Ternyata Bermanfaat Untuk Rambut

Manfaat-Telur-Untuk-Rambut

Telur mengandung vitamin A, D, E serta protein, asam lemak dan sulfur. Semua kandungan itu sangat bermanfaat bagi rambut. Bahkan telur bisa dibuat sebagai kondisioner alami juga. Kok bisa? Begini penjelasannya.

Alasan utama kenapa rambut sering rusak adalah karena kekurangan kelembaban, dengan mengaplikasikan telur pada rambut, bisa memberikan rambut pelembab alami, sehingga rambut tidak mudah rusak, lembut dan halus.

Rambut patah dan rusak pun bisa diperbaiki oleh kandungan vitamin dan protein dalam telur. Asam lemaknya akan membuat rambut lebih berkilau.

Rambut rontok? Vitamin A dan E pada telur akan menguatkan akar rambut, sehingga tidak mudah rontok. Proteinnya akan membuat folikel rambut lebih sehat dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Vitamin B12 pada telur juga akan mempercepat pertumbuhan rambut, sulfur pada kuning telur akan membuat rambut lebih tebal dan meningkatkan volume rambut dengan cukup signifikan.

Manfaat Telur Untuk Diet

Vitamin-Manfaat-Telur-Untuk-DietNah, ini yang paling menarik diantara yang lain. Telur ternyata bisa buat diet!

Anda mungkin kaget, karena biasanya orang bilang “Jangan kebanyakan makan telur, nanti bisa bulat kayak telur lho..”

Ya kalo kebanyakan, jangankan makan telur, makan singkong aja bisa bikin gemuk. Hehehe..

Ternyata sebaliknya, penelitian manfaat telur yang dilakukan oleh Rochester Center for Obesity Research di Amerika Serikat menunjukkan bahwa memakan sebutir telur saat sarapan bisa membatasi penyerapan kalori harian tubuh anda hingga 400 kalori. Atau berarti manfaat telur bisa menurunkan berat badan sekitar 1,5 kilogram atau lebih per bulan.

Ini kemungkinan disebabkan oleh manfaat telur yang membuat perut kita kenyang lebih lama, yang berarti mengurangi keinginan kita untuk ngemil di antara sarapan dan makan siang.

Dan meskipun telur mengandung kolesterol, ini adalah kolesterol sehat, bukan kolesterol jahat. Meski dulu kita sering mendengar anjuran mengurangi lemak telur, tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa telur bisa meningkatkan kadar koleterol dalam darah.

Selain itu, bila kita mengkonsumsi telur yang difortifikasi omega 3, justru akan menurunkan koleterol HDL (kolesterol jahat) dalam darah.

Telur Bisa Digunakan Sebagai Perekat

Manfaat-Telur-Sebagai-PerekatJika anda sedang membutuhkan lem, dan tiba-tiba lemnya habis, anda tidak perlu khawatir. Tidak perlu ke warung mencari lem, cukup buka kulkas. Ada putih telur!

Putih telur akan menjadi lengket ketika mengering. Hal ini membuatnya bisa menjad pengganti lem kertas. Cukup campurkan putih telur, tepung, air, dan tawas, dan anda akan mendapatkan lem yang cukup kuat.

Bahkan legenda mengatakan candi borobudur pun dibangun tanpa semen, hanya dengan putih telur sebagai perekat. Nenek moyang kita memang jenius!

Sebagai Pembersih Perhiasan? Kenapa Tidak!

Jika perhiasan perak anda mulai usam, langsung aja pecahkan telur. Kok nggak nyambung?

Sebetulnya masih nyambung, karena telur mengandung sulfur. Sulfur adalah bahan kimia aktif dalam produk pembersih perhiasan yang dijual di toko-toko.

Manfaat-Telur-Membersihkan-Perhiasan

Sayangnya, manfaat telur tidak bisa digunakan untuk membersihkan perak murni dengan kadar kemurnian 0.999, tapi kabar baiknya, sebagian besar perak yang dijual di pasaran adalah perak dengan kadar kemurnian 0.925 atau lebih rendah. Artinya telur masih bisa digunakan sebagai pembersih perhiasan.

Lantas, bagaimana caranya? Mudah kok.

  1. Rebus dua butir telur. Kita hanya akan memakai kuning telurnya yang sudah matang saja. Putihnya bisa anda makan, kenyang deh. Hehehe..
  2. Iris-iris kuning telurnya, masukkan ke dalam baskom.
  3. Letakkan tissue diatas kuning telur tadi
  4. Letakkan perhiasan perak anda diatas tissue. Jangan sampai terkena kuning telur.
  5. Tutup rapat baskomnya. Kalau bisa dengan plastic wrapper.
  6. Biarkan selama 1-2 hari
  7. Buka dan bersihkan perhiasan perak anda. Cling deh..

Oya, setelah 1-2 hari, bau telurnya akan sangat menyengat, karena proses oksidasi. Jadi pastikan membukanya di ruangan yang terbuka ya..

Manfaat Telur Sebagai Pupuk Tanaman

Manfaat-Telur-Sebagai-Pupuk-TanamanIni manfaat telur yang terakhir. Manfaat air rebusan telur sebenarnya. Sebagai pupuk tanaman.

Sebagaimana yang kita tahu, kulit telur rebus kaya akan kalsium. Ketika kita merebus telur, sebagian kalsium tersebut akan terlarut kedalam air rebusannya. Tentu saja airnya kotor, jadinya yang bisa meminumnya hanya tanaman. Anda jangan minum air rebusan telur lho, bahaya!

Jadi, siramkan air rebusan telur tersebut (yang sudah dingin tentunya) ke tanaman anda, seperti tomat, terong, maupun anggrek dan bunga-bungaan lain, tanaman anda akan mendapatkan suntikan kalsium yang berharga. Jika anda membuat selain telur rebus, kulitnya bisa juga dijadikan kompos. Manfaat telur berguna sekali kan?

Wow. Panjang juga ya. Capek ngetiknya.

Setelah membaca ini, anda pasti sudah tahu, kalau manfaat telur ternyata lebih dari sekadar jadi lauk nasi goreng spesial kan.

Saya akan sangat berterima kasih kalau anda mau mengklik like dan share tulisan ini. Biar hilang pegel jari saya ngetik artikelnya. Hehehe.. Salam telur.

2 thoughts on “Keren! 5 Manfaat Telur Yang Akan Mengejutkan Anda”

  1. Pak Ari Wahyudi Terima kasih infonya sangat bermanfaat saya suka, saya tunggu lagi info-info yang lainnya…..yang lebih lagi tentunya…..

  2. Waah baru tahu nih, ternyata telur itu banyak manfaatnya.. soalnya waktu kecil suka dilarang makan telur, katanya jadi sering bisulan ……
    Trims banyak infonya dan ditunggu tulisan yg lain
    .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *