Pusing Main Sudoku? Gini Nih Cara Menangnya

main-sudoku-pakai-microsoft-excel

Sudoku. Permainan ini memang membius. Akhir pekan yang lalu saya main sudoku dari pagi sampai sore, sampai hampir lupa makan. This is bad. Ternyata bukan cuma syahrini yang bisa bikin saya lupa makan..

Sebenarnya ini bukan permainan baru sih, saya pernah main sudoku di majalah TTS asah otak jadul (yang covernya selalu cewek seksi itu lho).

majalah-teka-teki-silang-sudoku
Majalah teka teki silang alias asah otak. Beginian masih dijual kan ya?

Namun kemarin karena hp saya lowbat, saya utak atik hp istri saya. Guess what, didalamnya ada Sudoku! mulanya cuma iseng, akhirnya saya terlarut main sampai berjam-jam. Nampaknya otak saya tidak butuh PlayStation atau XBox untuk terhibur. Saya yakin anda juga begitu 🙂

Prinsip Permainan Sudoku

Lantas, apa dan bagaimana sih cara main sudoku itu?

Sebenarnya sederhana saja, sudoku terdiri atas 9 baris, 9 kolom dan 9 area berukuran 3 x 3 yang biasanya disebut blok.

Tugas kita adalah mengisi setiap kotak dengan angka dari 1 sampai 9, dan memastikan tidak ada angka yang sama pada setiap baris, kolom, maupun blok. Ada beberapa teknik yang beredar online, seperti video yang dibawah ini. Namun sebagai newbie saya tidak terlalu memperhatikan teknik, yang penting FUN.

Video Teknik Main Sudoku

Sudoku + Excel = Sudoku Solver

Nah, ini dia bagian favorit saya. Karena main sudoku pada dasarnya adalah permainan yang mengandalkan logika, maka tentu saja bisa diaplikasikan ke dalam microsoft excel.

Beberapa programer yang saya kenal (Lewat internet, hehe) memiliki versi pemecah sudoku online sendiri, sebagian besar memakai bahasa pemrograman seperti phyton.

prinsip-permainan-sudoku
pastikan tidak ada angka yang berulang

Saya tidak bisa phyton. Tapi saya lumayan oke kalo disuruh mengutak-atik excel, Jadinya ya saya pakai excel aja.

Logikanya sederhana saja.

Pertama, pastikan tidak ada angka yang berulang tiap baris, kolom dan blok.

Kedua, jika ada dua atau lebih angka yang mungkin mengisi setiap kotak/sel, maka pastikan bahwa angka yang unik pada tiap kolom, baris atau bloklah yang kita masukkan.

Ribet ya? Kalo gitu langsung lanjut kebawah deh. Dijamin menang mainnya.

Download My Excel Sudoku Solver

Sudoku solver versi saya ini tidak sempurna sih, Ini saya buat tanpa VBA, sehingga tidak bisa otomatis mengisi seluruh kotak sampai selesai, tapi lebih ke cheat sheet, ketika anda buntu mengerjakan sudoku, maka excel akan memberitahukan anda angka mana yang bisa dimasukkan.

Lagipula, kalo semua sudah otomatis, dimana letak kesenangan anda bermain? Bukan begitu?

main-sudoku-pakai-microsoft-excel
Kalo semua sudah hijau, berarti anda sudah benar

Oke, jangan buang waktu lagi deh. Langsung sedot programnya disini. Excel Sudoku Solver. Oya, ini dalam bentuk file xlsx ya, artinya versi excel anda harus 2007 keatas. Selamat main sudoku.

2 thoughts on “Pusing Main Sudoku? Gini Nih Cara Menangnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *