Jokowi vs Prabowo, Siapa Presiden Pilihanmu?

Pertarungan antara dua capres, jokowi vs prabowo telah memasuki tahap yang menentukan. Keduanya telah memilih calon wakil presiden masing-masing, dan sudah siap berlaga di pilpres yang akan datang.

Ya, Joko Widodo dan Jusuf Kalla berhadapan dengan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

Kubu Jokowi didukung oleh Nasdem, PKB dan Hanura. Prabowo menggaet PAN, PPP, PKS, dan pada detik-detik akhir, Golkar dan PBB.

Sampai disitu, semuanya nampak biasa saja. Namun, beberapa hari belakangan ini perkembangannya semakin “memanas”, terutama di media sosial seperti Facebook atau Twitter. Kedua kubu memiliki pendukung fanatik yang berkampanye gencar di dunia maya. Sayangnya, keduanya juga menggunakan model black campaign¬†yang mendiskreditkan pihak seberang. Mengorek keburukan lawan, memuja kebaikan sendiri.

Spanyol 2012 dan Indonesia 2014

Saya jadi teringat kejadian menjelang Piala Eropa 2012, dimana persaingan panas antara Barcelona dan Real Madrid sepanjang musim 2011-2012 membuat ketar-ketir pelatih Vicente del Bosque. Maklum, dia khawatir tim nasional spanyol akan pecah karena rivalias berlebihan antara dua klub penyumbang terbesar anggota La Furia Roja.

Saya juga khawatir, kampanye negatif yang dilakukan berlebihan antara Jokowi vs Prabowo ini bisa memecah-belah bangsa. Setidaknya saya sudah melihat beberapa teman Facebook saya terlibat diskusi panas di timeline ketika salah satu diantara mereka memuat berita miring tentang Jokowi. Dan teman saya yang lain juga bercerita bahwa dia telah meng-unfriend salah satu sejawatnya di FB karena selalu berkampanye habis-habisan tentang Prabowo.

jokowi vs prabowo

Tapi, negara ini tidak hanya seluas timeline FB dan Twitter saya tentunya. dan saya berharap bangsa Indonesia sudah benar-benar dewasa dalam berpolitik, dan tidak saling memutus silaturahmi hanya karena berbeda pilihan dalam pemilihan presiden.

Seperti halnya Timnas Spanyol yang akhirnya menjadi juara eropa tahun 2012, saya juga berharap Indonesia akan jaya setelah memilih presiden di tahun 2014 ini.

Jadi, Jokowi vs Prabowo, pemenangnya (seharusnya) tetap rakyat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *