Jenis Asuransi Yang Beredar Di Indonesia

Jenis Asuransi Kesehatan Jiwa Pendidikan

Jenis-Jenis Asuransi Yang Beredar Di Indonesia – Asuransi tentu banyak macamnya. Mengingat fungsi utama asuransi yang sebagai pelindung terhadap resiko, sehingga secara teori apapun yang memiliki resiko tentu bisa diasuransikan. Dengan catatan, ada yang jual asuransinya 😀

Di Indonesia sendiri beredar berbagai jenis asuransi yang dijual oleh perusahaan-perusahaan asuransi. Untuk daftar perusahaan asuransi terbaik, anda bisa membaca disini.

Asuransi Kesehatan

Ini adalah jenis asuransi yang paling banyak ditemui. Anda mungkin secara tidak sadar sudah memiliki asuransi jenis ini. Asuransi ini bisa dibeli secara langsung melalui agen asuransi, maupun diberikan sebagai bagian fasilitas kesehatan ditempat kerja.

Jenis Asuransi Kesehatan Jiwa PendidikanAsuransi ini berfungsi untuk menanggung biaya pengobatan ketika kita sakit, maupun menanggung biaya rawat inap rumah sakitnya. Beberapa produk asuransi kesehatan yang beredar di Indonesia diantaranya adalah:

Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa mungkin tidak terlalu populer di masyarakat Indonesia. Sebagian orang mengatakan kalau umur itu kan di tangan Tuhan?

Sebenarnya fungsi asuransi jiwa bukan untuk menghindari kematian, tapi sebagai pelindung resiko buat keluarga yang ditinggalkan. Semoga saja dengan uang pertanggungan asuransi, keluarga yang ditinggalkan tidak perlu menanggung beban yang lebih berat lagi setelah orang yang dicintai pergi.

Ada dua jenis asuransi jiwa, yaitu Term Life dan Whole Life. Apa saja bedanya?

Asuransi Jiwa Term Life

Ini adalah jenis asuransi jiwa yang memiliki jangka waktu tertentu, misal 1, 5 atau 10 tahun. Ciri-ciri asuransi term life biasanya uang setoran premi akan hangus di akhir periode. Kayaknya sayang kalo hangus? Tapi jangan lupa, nilai uang pertanggungan untuk term life jauh lebih besar. Beberapa produk asuransi term life diantaranya:

Asuransi Jiwa Whole Life

Kalau yang ini, merupakan jenis asuransi yang memiliki masa perlindungan seumur hidup. Preminya pun biasanya lebih mahal daripada term life. Asuransi jenis ini biasanya memiliki nilai tunai yang akan dibayarkan kepada kita jika sang tertanggung tidak meninggal selama masa kontrak. Namun sayangnya nilai uang pertanggungan asuransinya lebih kecil. Beberapa produk asuransi whole life diantaranya:

Asuransi Pendidikan

Merupakan jenis asuransi yang melindungi pendidikan putera-puteri anda. Biasanya asuransi ini bisa digabungkan dengan asuransi jiwa.

Jenis Asuransi Lainnya

  • Asuransi Pensiun
  • Asuransi Rumah
  • Asuransi Mobil
  • Unit Link
  • Asuransi Syariah

2 thoughts on “Jenis Asuransi Yang Beredar Di Indonesia”

  1. sedikit update untuk penulis..

    ada beberapa jenis lagi yaitu :
    asuransi household
    asuransi kebakaran
    asuransi kecelakaan diri
    asuransi kendaraan bermotor
    asuransi pengiriman uang
    asuransi penyimpanan uang
    asuransi surety bond
    asuransi kontra bank garansi
    asuransi pemasangan mesin
    asuransi kerusakan mesin
    asuransi kontraktor
    asuransi kredit
    asuransi rangka kapal
    asuransi pengangkutan barang
    asuransi hole in one
    asuransi kebongkaran

    Asuransi yang saya paparkan diatas adalah produk-produk dari PT Asuransi Bangun Askrida.

    Semoga penulis berkenan meng-updatenya kembali…

    thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *