Hobi Baru: Berkebun Di Teras Rumah

Sudah sekitar 2 minggu ini saya tertarik pada kegiatan baru, berkebun. Sebenarnya agak kurang pas juga sih kalau dibilang ber”kebun”, karena kebun kan biasanya diasosiasikan dengan tanah kosong yang luas.. Seperti Kebun Raya Bogor, atau bahkan pesta kebun :). Tapi lucu aja kalo saya bilang ber”polybag” atau ber”pot”, karena semua tanaman saya taruh di polybag atau pot. Jadi biarlah saya pinjam aja istilah berkebun.

Hobi baru saya ini muncul gara-gara kemaren di toko buku saya secara tidak sengaja membaca buku tentang berkebun di lahan terbatas. Cocok buat orang-orang yang tidak punya pekarangan seperti saya. Bahkan menurut buku tadi, teras pun bisa dijadikan lahan perkebunan. Cukup dengan modal polybag atau pot. Karena tertarik, buku itu pun saya beli. Singkat kata, saya siap mempraktekkan apa yang saya dapat di buku itu.

Jadinya ini yang saya lakukan: membeli satu karung tanah dari toko pertanian yang isinya Tanah campur kompos dan sekam bakar dengan perbandingan 2:1:1. Ini saya lakukan karena disekitar rumah saya sangat sulit menemukan tanah yang subur. Tanahnya cenderung liat dan berpasir, bukan tanah yang ideal buat tanaman. Toh sekarung tanah tadi cukup ditebus dengan uang 7500 perak.

Saya juga membeli polybag ukuran 20×30 beserta bibit beberapa sayuran. Saya tidak membeli bibit buah, karena tidak punya cukup lahan (bisa dibayangkan kalau saya menanam mangga dalam polybag, meski secara teori bisa dilakukan. Silahkan search tentang Tabulampot.)

Dalam dua minggu ini saya sudah menanam cabe rawit (siapa tau bisa dijual kalo lagi mahal, hehe..), tomat, dan mentimun. Semuanya sudah mulai tumbuh. Saya lupa kalo mentimun itu tumbuhnya merambat. Pasti agak repot nanti, tapi biarlah, saya mau liat dulu bagaimana perkembangannya.

Sekarang saya sedang bersiap menanam lagi sawi, bawang, dan terong. Kalau sudah berhasil nanti saya posting lagi secara lengkap, dari pembibitan sampai insya Allah panen :)

Sementara itu, dinikmati aja proses berkebunnya. Buat anda yang tidak punya pekarangan, jangan ragu-ragu, ayo berkebun di teras rumah :D

hobby berkebunberkebun di terasberkebun di teras rumahayo berkebun di sekitar rumahbibit buah magelangMenanam cabe diteras rumahmenanam mangga di teras

Content Protection by DMCA.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>