Cara Menghilangkan Karang Gigi

Cara Menghilangkan Karang Gigi – Sisa makananan dan minuman yang tertinggal di rongga mulut kita akan mendorong pertumbuhan bakteri, atau plak gigi, yang terlihat seperti sebuah lapisan putih yang berada tepat antara bagian bawah gigi dan gusi Anda. Karang gigi adalah plak yang telah mengeras di gigi. Karang ini dapat mengiritasi jaringan gusi, dan dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius, seperti gigi berlubang dan penyakit gusi.

Bukan hanya mengancam kesehatan gigi dan gusi, karang dan plak pada gigi juga bisa merusak penampilan anda. Karena ia memiliki sifat berpori, Noda akan lengket pada karang gigi dengan mudah. Jadi jika Anda seorang peminum kopi atau teh, atau jika Anda merokok, sangatlah penting untuk mencegah penumpukan karang dan plak gigi. Kalu tidak, bisa dipastikan senyum anda akan berkurang keindahannya. Tidak seperti plak, karang gigi adalah penumpukan mineral yang cukup mudah untuk dilihat. Cara menghilangkan karang gigi juga tidak terlalu sulit. Tanda paling umum dari karang gigi adalah warna kuning atau coklat pada gigi atau gusi. Satu-satunya cara pasti untuk mendeteksi karang gigi dan menghapusnya adalah dengan mengunjungi dokter gigi Anda.

Gosoklah Gigi Anda

cara-menghilangkan-karang-gigi-scalingUntuk menghindari penumpukan karang gigi, penting untuk menyikat gigi secara rutin. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghilangkan karang gigi dari gigi adalah dengan menyikatnyat. Gigi harus disikat minimal dua kali sehari selama setidaknya dua menit.

Gunakanlah sikat gigi yang baik, sikat gigi yang sudah aus tentu akan membuat proses pembersihan plak menjadi terhambat. Anda juga bisa membeli sejenis permen perwarna plak di apotik. Permen ini ketika dikunyak akan memberi warna pada plak, sehingga memudahkan kita untuk membersihkannya.

Teknik menyikat gigi yang benar adalah dengan menggosok vertikal, horizontal maupun memutar. Jangan menggosok terlalu keras, karena itu akan mengikis lapisan gigi.

Gunakan Benang Pembersih Gigi (Dental Floss)

Agar benang gigi untuk secara efektif menghilangkan plak dari gigi, Anda harus yakin Anda menggunakan teknik yang benar. Karena Anda akan meletakkan jari-jari Anda ke dalam mulut Anda, pastikan untuk mencuci tangan sebelum Anda mencapai untuk benang.

Benang gigi yang digunakan haruslah benang gigi yang baru, jangan menggunakan satu benang lebih dari satu kali.

Berkumur Dengan Obat Kumur Anti Karang Gigi

Penggunaan obat kumur seperti Listerine atau Colgate, atau juga dianjurkan. Pada dasarnya benang gigi dianjurkan karena bisa mencapai tempat yang tidak bisa dicapai oleh sikat gigi. Sedangkan untuk tempat yang tidak bisa dijangkau dental floss atau benang gigi, hanya dapat dijangkau dengan obat kumur saja. Hindarilah makan sebelum tidur agar tidak ada sisa makanan yang menempel pada gigi. Setelah karang gigi telah terbentuk, hanya dokter gigi yang dapat menghilangkannya. Proses untuk cara menghilangkan karang gigi disebut scaling. Selama proses scaling, para dokter gigi atau ahli kesehatan menggunakan instrumen khusus untuk menghilangkan karang gigi tersebut.

Video Cara Menghilangkan Karang Gigi

Bagi anda yang masih bingung, berikut ini video cara menghilangkan karang gigi. mungkin bisa dpraktekkan di rumah.

Jangan lupa, hindari makanan yang terlalu manis dan bergula. Usahakan juga mengunjungi dokter gigi secara rutin, minimal 2 kali setahun.

cara menghilangkan karang gigicara membersihkan karang gigiobat penghilang karang gigiobat karang gigiobat membersihkan karang gigicara menghilangkan plak gigi yang sudah mengeraskarang gigiobat plak gigimenghilangkan karang gigiobat untuk menghilangkan karang gigi

Content Protection by DMCA.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>