Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat – Tips kali ini merupakan tips yang sering dicari oleh para remaja. Yakni cara menghilangkan bekas jerawat.

Sebenarnya bukan hanya remaja yang bermasalah dengan jerawat, tetapi dari segala umur. Wanita memang lebih sering terkena jerawat, dikarenakan faktor hormonal, tapi kaum pria juga tidak jarang mengalaminya.

Bukan hanya menderita saat terkena jerawat, tetapi bekas yang ditinggalkan pun membuat wajah tak lagi menawan.

Ini adalah serial dari Tips Perawatan Diri. Tips sebelumnya adalah:

Jangan lupa untuk klik “Like” :)

Penyebab Jerawat

cara-menghilangkan-bekas-jerawat-alami Jerawat adalah jenis penyakit kulit yang terjadi akibat kelainan pada kelenjar minyak kulit. Kelainan ini tidak berbahaya, tapi bisa meninggalkan bekas pada kulit yang terkena jerawat.

Ketika kelenjar minyak yang berfungsi mengalirkan kelebihan minyak dari dalam kulit ke permukaan tersumbat, maka terjadilah jerawat.

Lalu kenapa wanita lebih sering terkena jerawat?

Hal itu disebabkan karena wanita memiliki siklus hormonal yang mengatur menstruasi. Perubahan hormon itulah yang memicu jerawat untuk timbul.

Selain itu , Stress dan penggunaan alat kontrasepsi seperti pil KB juga dikenal memicu jerawat.

Mengobati Jerawat

wajah-mulus-tanpa-jerawatKulit yang terkena jerawat tentu membuat anda tidak merasa nyaman. Rasa percaya diri bisa drop dengan mudah ketika kita terkena jerawat.

Anda tidak sendirian, menurut penelitian, jutaan orang yang berusia antara 11-30 tahun setidaknya pernah menderita jerawat setidaknya sekali dalam seumur hidup.

Jika anda mengobati jerawat, anda dapat menggunakan obat-obatan yang ada di pasaran. Biasanya obat yang ampuh menghilangkan jerawat akan mengandung Resorsinol, Peroksida Benzoil, Asam Salisilat, Sulfur, Retin-A dan Asam Azelaic.

Sedangkan cara alami untuk mengobati jerawat adalah dengan menggunakan Jeruk nipis, Masker wortel atau Madu

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Sebenarnya cara menghilangkan bekas jerawat tidak terlalu sulit. Ada 5 cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang perlu anda ketahui:

1. Menggunakan Putih Telur

menghilangkan-bekas-jerawat-putih-telurPutih telur memiliki khasiat penyembuhan yang sangat kuat, dan akan membantu menyembuhkan noda bekas jerawat Anda

Putih telur penuh dengan protein dan asam amino yang dapat mengencangkan pori-pori untuk mencegah jerawat baru, sekaligus mencerahkan kulit bekas luka.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Putih Telur:

Ambil mangkuk kecil dan kocok 3 putih telur sampai menjadi mengembang dan putih. Usapkan putih telur pada kulit Anda. Konsentrasikan pada area yang bermasalah. Biarkan putih telur kering pada kulit dan tunggu beberapa menit sebelum bilas dengan air hangat. Lakukan ini 2-3 kali seminggu

2. Menggunakan Baking Soda

Baking soda (soda kue) adalah partikel kecil yang halus dan tidak akan merusak kulit. Jika diterapkan dengan benar dan lembut akan mengelupaskan lapisan atas sel-sel kulit mati tanpa menyebabkan kulit wajah Anda menjadi iritasi atau meradang.

menghilangkan-bekas-jerawat-baking-sodaCara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Baking Soda:

Cukup campurkan sedikit baking soda dengan air hingga menjadi pasta. Pijat baking soda dengan lembut ke kulit Anda dan biarkan selama satu menit, lalu bilas dengan air hangat.

Jaga kulit tetap lembab dengan meneteskan minyak zaitun dan memijat kulit wajah anda. Ulangi 2-3 kali seminggu.

3. Dengan Jus Lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang merupakan salah satu senyawa pembentuk senyawa Alpha Hydroxy Acids atau AHA.

AHA sangat dikenal dalam produk kosmetik terkemuka di dunia. Banyak produk perawatan kulit, termasuk krim anti-penuaan kulit yang mahal, memakai AHA di dalamnya sebagai bahan utama.

Karena itu, tidak ada salahnya kita mencoba lemon sebagai obat penghilang bekas jerawat.

menghilangkan-bekas-jerawat-jus-lemonCara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Lemon:

Pastikan kulit Anda bersih, kemudian peras 3 buah lemon ukuran sedang. oleskan lemon pada wajah dengan kapas, namun jangan berlebihan. Ulangi 2-3 kali seminggu.

Ingat jika Anda memiliki kulit sensitif, lemon dapat menyebabkan efek yang menyengat. Jika kulit anda terasa perih dan terbakar, berarti kulit anda tidak cocok dengan pengobatan ini. Hentikan segera.

4. Lidah Buaya

menghilangkan-bekas-jerawat-lidah-buayaLidah Buaya atau aloe vera sangat efektif untuk menghilangkan bekas jerawat.

Tidak hanya mengurangi peradangan pada kulit, juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meregenerasi jaringan yang rusak.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Lidah Buaya:

Cara memakainya sangat mudah. Cukup ambil lidah buaya yang berukuran sedang, kupas kulit luarnya dan bagian dalamnya dijadikan masker.

5. Menggunakan Minyak Zaitun 

Minyak Zaitun dikenal mengandung zat besi dan vitamin A, D, E, C, B1 dan B2.

Vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun sudah diakui sebagai bahan penting dalam membantu memerangi proses penuaan.

menghilangkan-bekas-jerawat-dengan-minyak-zaitunMinyak zaitun kaya akan anti-oksidan dan baik untuk mencegah jerawat dan menghapus bekas jerawat dengan efektif.

Minyak zaitun memiliki sifat non-comedogenic yaitu itu tidak menyumbat pori-pori, dan bisa melarutkan kotoran dan minyak yang terperangkap di dalam pori-pori.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Minyak Zaitun:

Sebelum tidur pijat lembut minyak zaitun ke kulit wajah Anda, pusatkan pijatan pada area yang bermasalah.

Lanjutkan memijat selama beberapa menit sampai Anda bisa merasakan bahwa pori-pori Anda benar-benar jenuh. Gunakan uap air panas untuk membuka pori-pori.

Usap perlahan untuk menghilangkan minyak yang berlebih. Ulangi proses 1-2 kali sebelum membilas wajah dengan air dingin. Oleskan lapisan tipis minyak zaitun pada wajah dan biarkan selama minimal 15 menit sebelum tidur.

Demikian cara menghilangkan bekas jerawat versi saya, yang dikutip dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

obat alami untuk menghilangkan jerawat dan bekas yang ditinggalkanapakah asam salisilat bisa menghilangkan bekasjerawat yang meradangasam salisilat jeruk nipis jerawatcara membuat pasta baking soda dengan minyak zaitun

Content Protection by DMCA.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>