Analisis Pesawat Pribadi Syahrini – Beneran Milik Pribadi?

Pesawat-sewaan-syahrini

Syahrini punya pesawat jet pribadi? What? Saya memang bukan pemirsa setia insert atau gosip ala silet, tapi ini kabar memang hot. Baru kali ini saya dengar ada artis Indonesia punya pesawat pribadi. Mau nyaingin SBY?

Memang sih, Syahrini tajir gila. Kabarnya tasnya aja harganya miliaran. Trus punya lamborghini sampai 2 biji pula. Tapi pesawat jet pribadi? Hmm.. itu ada di level yang berbeda. Kalau sewa mungkin ye.. Tapi kalo beli? Well, nggak tau juga sih. Makanya saya coba cari tau. Ini dia hasil analisa saya:

Tipe Pesawat Pribadi Syahrini

Buat yang belum pernah liat, ini dia penampakan pesawat (yang katanya) pribadi Princess Syahrini.

pesawat-pribadi-syahrini
Buset.. Pesawat jet, Lamborghini.. Tinggal suami aja yang belum punya.

Beberapa gambar lain yang saya dapat dari internet tidak menampilkan pesawatnya secara utuh. Yang diekspose ya gayanya Syahrini didalam pesawat doang.

So, apa yang bisa kita lihat disini? saya lihat ada beberapa karakteristik. Yang paling menonjol ya mesin trijetnya, lengkap dengan S-Duct dibelakang pesawat. Sayap pesawat yang terletak dibawah fuselage, dan tanpa winglet. dilihat dari panjang pesawat (relatif terhadap lamborghini) nampaknya ini pesawat medium jet.

Setelah mengobok-obok google, ini dia pesawat dengan karakteristik paling sesuai: Dassault Falcon 900EX

pesawat-syahrini-dassault-falcon-900

interior-pesawat-syahrini

Sedap banget emang kayaknya didalam situ ye.. Nah. Setelah tau apa jenis pesawatnya, sekarang kita cari tau harganya. Saya pun pergi ke pasar tanah abang untuk tanya-tanya.

Harga Pesawat Pribadi Syahrini

Menurut beberapa situs jual beli pesawat jet pribadi, nampaknya memang harga pesawat jet ini lebih mahal dari bajaj atau mikrolet. Kisaran harga pesawat bekasnya aja paling murah US$10.000.000 alias 120 miliar! Trus harga barunya berapa? *tarik nafas* US$39.000.000 alias nyaris setengah triliun… *pingsan*

Setelah bangun dari pingsan, saya mencari tau harga sewanya. Kalo ini kayaknya masih masuk akal untuk ukuran Syahrini. Hrganya sekitar US$5.000 per jam. Bolak-balik Jakarta-Singapore nggak akan lebih dari $20.000 alias 250 jutaan “saja”. Masih sesuai lah sama harga tas Hermesnya Syahrini yang naujubilah.

Pesawatnya Beli apa Sewa?

Jadi menurut anda, itu beneran pesawat pribadi Syahrini? Kalo akal sehat saya bilang: Bukan.

=====================================

**Update**

Hihihi.. tadi barusan liat lagi foto pesawatnya. Beda lagi sama yang kemaren saya liat.

Pesawat-sewaan-syahrini

Kalo yang ini jelas small jet. Hitungan yang diatas berarti bisa kurang lagi lah. Sama temen bisa kurang deh..

Kurang kerjaan ya saya? Hehe.. iseng-iseng lah, daripada nggak update blog.

*p.s.: kalo mbak Syahrini butuh pendamping hidup, saya bersedia kok

*p.s.s.: Abaikan note diatas. Keselamatan saya terancam.

11 thoughts on “Analisis Pesawat Pribadi Syahrini – Beneran Milik Pribadi?”

  1. Aku tahu jelas..itu jet milik pak haji asal kalimantan selatan.krn pesawat itu wira wiri di sini (kampungku).bkn hal baru bagi kmi kalau pk hji bisa pinjemin jet nya..hehe

  2. Haha akhrirnya nemu juga orang yang kepo sama (yang katanya) jetpribadi mba Syahrini. Pikiran gue juga kaya gitu. Engga make sense gitu lah artis indonesia punya jetpribadi huahahaha

  3. Hahaha.saya jg langsung searc sama bos google.masa iya sih?mgkn bs ajah sih.tp kyknya ga mgkn dia beli jet.klo dia bgn istana masuk akal.mgkn rumah persegi 3 atau rumah anti badai.hehehe

  4. wakakaka… Saya rasa begitu jg!! Artis beli pesawat dgn harga segitu, apakah mungkin… Pamerin barang milik org lain ya mgkn aja…

  5. dapet dari kaskus 😀
    sekedar inpo aja.

    Tapi dari kepentingan Primer sebuah Pesawat Jet Pribadi dibagi menjadi 4 bagian :

    1. Bahan Bakar :
    Bahan bakar jet yang paling umum adalah Jet A dan Jet A-1 (Avtur – keduanya termasuk type dari kerosene) yang diproduksi dalam perlengkapan spesifikasi yang terstandardisasi secara internasional. Satu-satunya bahan bakar Jet yang umum digunakan dalam penerbangan bermesin turbin disebut Jet B yang terdiri dari naphtha-kerosene (campuran gasoline dan kerosene) dan digunakan untuk menghadapi cuaca dingin.

    Biaya Bahan Bakar / Jam :
    a. Jenis Heavy Jets & Large-Cabin Jets :
    US$ 200 s/d US$ 500/jam ditambah maintenance US$ 250 s/d 550/jam
    b. Jenis Super mid-size Jets & Mid-size Jets :
    US$ 100 s/d US$ 200/jam ditambah maintenance US$ 250 s/d 550/jam
    c. Jenis Light jets & Very light jets :
    US$ 50 s/d US$ 100/jam ditambah maintenance US$ 100 s/d 200/jam

    2. Hanggar :
    Untuk biaya sewa Hanggar berkisar US$ 200 (sekitar Rp. 1,9 juta)/bulan s/d US$ 500 (sekitar Rp. 4,6 juta)/bulan untuk ukuran Standard (Pesawat Jenis Kecil) dan US$ 1.200 (sekitar Rp. 11,1 juta/bulan untuk ukuran yang lebih besar (Pesawat Jenis Sedang dan Besar). Jika ingin menghemat bisa menitipkan Pesawat pada Kargo ataupun di Bandara berskala Kecil.

    3. Pilot (termasuk Asisten/Pramugari) :
    Untuk biaya Pilot tergantung pada pengalaman/Jam Terbang Pilot itu sendiri, semakin banyak Jam Terbangnya akan Semakin mahal. Dalam hal ini TS tidak akan menjelaskan secara terperinci (takut ada Pilot yang Tersinggung) tapi berdasarkan sekala rata2 adalah : US$ 8000 (Sekitar Rp. 74 juta)/bulan s/d US$ 12.000 (sekitar Rp. 110 juta)/bulan atau US$ 800 (sekitar Rp. 7,4 juta)/jam s/d US$ 1.200 (sekitar Rp. 11 juta)/jam dengan perhitungan rata-rata Penerbangan 100 Jam/Bulan. Dan untuk Pramugari berkisar US$ 1000 (sekitar Rp. 9,2 juta)/bulan s/d US$ 2000 (sekitar 18,4 juta)/bulan

    4. Asuransi :
    Asuransi sangatlah penting bagi mereka yang ingin bepergian dengan Pesawat Jet, Jenis Asuransi dan Sub. Bagiannya pun beraneka ragam tergantung dari Jenis dan Merk Pesawat, Tahun Pembuatan, Spesifikasi dan Modifikasi Mesin dan Pembayaran Asuransipun tergantung dari Jenis Asuransi yang dipilih. Sebagai Gambaran sepintas untuk Asuransi Penumpang mulai dari US$ 1000 (sekitar 9,2 juta)/bulan s/d US$ 10.000 (sekitar 92 juta)/bulan untuk Asuransi Kecelakaan diluar Asuransi Jiwa.
    Untuk Pesawatnya sendiri biasanya rata-rata 0,25% s/d 1,25 % per tahun dari Harga Pesawat (semakin besar Pesawatnya semakin kecil Presentase Pembayaran Preminya, karena semakin Kecil Pesawat semakin besar Resikonya) belum termasuk Interior Pesawat yang telah di Modifikasi (semakin mewah interiornya, semakin mahal biaya preminya) dan dihitung dari Jam Terbang Pesawat yang rata-rata 100 Jam per Tahun.

    Quote:Jadi berapa kira-kira biaya yang dikeluarkan perbulan untuk Pesawat Jet Pribadi ?? begini ilustrasinya :

    Jenis Pesawat Ringan (Stand By.-tidak terbang) :
    Quote:
    • Harga Pesawat US$ 700.000 (Cirrus SR22-Angelina Jolie), Asuransi Pesawat US$ 730/bulan, hanggar US$ 200/bulan, Pajak US$ 550, Pemeriksaan kondisi tahunan US$ 600. Biaya total US$ 2080 (setara Rp. 19 juta 250 ribu) jika tidak terbang sama sekali.

    Jenis Pesawat Ringan (Jakarta — Singapore estimasi 1 Jam (actual 45 menit dengan Jenis Pesawat Sedang/Besar))
    Quote:
    • Harga Pesawat US$ 700.000 (Cirrus SR22-Angelina Jolie),
    Asuransi Pesawat US$ 730/bulan, hanggar US$ 200/bulan, Pajak US$ 550, Pemeriksaan kondisi tahunan US$ 600, Bahan Bakar US$ 200, Biaya Parkir Pesawat Jenis Kecil/Jam di Singapore US$ 54/jam. Biaya total US$ 2234 (setara Rp. 20 juta 676 ribu) tanpa Pilot (bawa sendiri) dan belum termasuk Izin Penerbangan, Passport, Visa, dan Pungli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *