7 Program Beasiswa Luar Negeri Untuk Mahasiswa 2012

Beasiswa merupakan salah satu sarana kita untuk mengejar cita-cita. Banyak dari kita yang memiliki cita-cita dan kemampuan yang tinggi, namun sulit untuk mewujudkannya, karena  keterbatasan biaya. Pilihan lain tentu saja anda bisa bekerja sambil kuliah. Karena kini mencari kerja bisa lebih mudah melalui internet.

Jika waktu lalu saya sudah memberikan daftar beberapa sekolah ikatan dinas bagi adik-adik yang baru lulus sekolah, kali ini saya akan memposting 7 program beasiswa luar negeri, yang diperuntukkan bagi para pelajar di seluruh dunia yang ingin melanjutkan studi di negara-negara eropa.

Langsung saja, ini daftarnya.

Radboud Scholarship Programme

Ini adalah beasiswa untuk mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris, yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi di seluruh dunia untuk belajar di Radboud University Nijmegen, Belanda selama satu sampai dua tahun. Formulir pendaftaran bisa didapatkan disini.

Macquarie University International Scholarship (MUIS)

MUIS merupakan salah satu program beasiswa yang terbesar di Australia. Program beasiswa ini ditujukan untuk para pelajar internasional, termasuk Indonesia. Jenjang yang ditawarkan adalah pendidikan sarjana (S1) dan Paska sarjana (S2).Beasiswa Macquerie University

Untuk mendapatkan beasiswa ini, para pendaftar harus memiliki nilai minimum rata-rata 9,2 untuk pelajar yang ingin meneruskan ke S1. Sedangkan mahasiswa yang ingin meneruskan ke pasca sarjana, harus mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,7. Syarat lengkap bisa dibaca disini.

Heinrich Böll Foundation

Heinrich Böll Foundation memberikan beasiswa kepada sekitar 1.000 mahasiswa S1, S2 dan S3 dari seluruh dunia. Beasiswa ini diberikan pada kampus umum, sains terapan maupun kampus seni di Jerman. Dengan kata lain, diberikan pada semua jurusan. Pendaftaran pertama akan dibuka pada tanggal 1 September 2012. Saat tulisan ini dibuat, portal pendaftaran belum dibuka, namun anda dapat mengaksesnya nanti di alamat ini.

University of London International Development Scholarship

Seperti yang terlihat pada namanya, beasiswa internasional yang satu ini ditujukan khusus kepada negara-negara berkembang seperti Indonesia.Beasiswa University of East London

Yang menarik dari beasiswa yang diadakan di Inggris ini adalah, penerima beasiswa akan dibantu tidak hanya dari biaya kuliahnya saja, namun juga bantuan tempat tinggal selama kuliah, karena mereka telah bekerjasama dengan International Students House (ISH).

Karena fasilitas tersebut, beasiswa ini sangat populer. Anda yang menginginkannya harus bergerak cepat. Aplikasi harus diserahkan hanya dalam waktu 3 minggu saja, dari tanggal 20 Juni 2012 sampai tanggal 13 Juli 2012.

International Water Leader Scholarships for International Students

Ini adalah beasiswa yang menarik. Dilatar belakangi oleh permasalahan sumberdaya air yang terancam di seluruh dunia, organisasi ini memberikan beasiswa bagi mahasiswa dari seluruh dunia untuk menjadi seorang water leader.

Fasilitas yang ditawarkan juga menarik, yaitu program beasiswa senilai AU$ 44.000 untuk jurusan manajemen perairan. Selain itu juga diberikan asuransi kesehatan penuh bagi para mahasiswanya. Para penerima beasiswa akan disebar di 4 universitas di australia, yaitu: University of Queensland, Griffith University, Monash University, dan University of Western Australia.

Akan ada 2 gelombang pendaftaran, yang pertama sudah berjalan yaitu dari tanggal 1 Mei sampai 1 Agustus 2012. Gelombang kedua akan dibuka tanggal 10 September 2012.

Jika anda tertarik untuk mendaftar, silahkan isi form ini.

DAAD Masters Scholarships in Public Policy and Good Governance

Seperti beasiswa water leader, beasiswa satu ini juga merupakan beasiswa spesifik. Ditujukan kepada mahasiswa yang mengejar pendidikan di bidang hukum, politik, ekonomi dan administrasi. Ini beasiswa anak-anak Fisipol kayaknya, hehe.. hanya negara-negara tertentu yang bisa menerima pendanaan dari DAAD, dan beruntung Indonesia termasuk negara yang berhak mengajukan aplikasi.

IMD Social Responsiblity MBA Scholarships for Developing Countries

Terakhir dalam daftar kita kali ini adalah Beasiswa dari IMD Switzerland. Sebagai salah satu sekolah bisnis ternama di Swiss, lulusan kampus ini selalu laris bak kacang goreng untuk direkrut oleh perusahaan-perusahaan ternama di seluruh dunia. Kampusnya yang indah di tepi danau Geneva juga menjadi daya tarik tersendiri.

Kini mereka membuka program beasiswa untuk negara berkembang seperti Indonesia, tentu kesempatan yang tidak boleh anda lewatkan. Buat anda yang tertarik, bisa mengirimkan email ke mbafinance@imd.ch.

Beasiswa Lainnya

Beberapa program beasiswa lain yang patut dicoba adalah program dari University of SydneyThe German Turkish Masters Program in Social Sciences, dan Humphrey Fellowship Program di Amerika Serikat.

Sebenarnya masih banyak lagi yang lain. Di lain kesempatan saya akan coba berbagi lagi program-program yang lain.

Tips buat anda, jangan takut untuk mengirimkan aplikasi. Meskipun persaingan datang dari seluruh dunia, namun setiap orang memiliki kesempatan yang sama. Oya, jangan lupa: bahasa inggris anda harus jago. Hehe.. Selamat mencoba. Share ke teman-teman yang lain ya..

Content Protection by DMCA.com

Comments

  1. Fitri says

    ini untuk mahasiswa ya?
    tertarik sama yang IWC MS tapi saya masih kelas 3 SMA -_-”
    ada info untuk lulusan SMA ga? #khususnya untuk lulusan taun depan..

  2. aulia says

    pak, saya mau tanya. saya sekarang sudah kuliah, dan baru mau menginjak semester 3. dan saya lulus SMA tahun 2011,apakah ada beasiswa untuk kuliah di luar negeri? kalau ada, syarat dan ketentuannya gimana za pak?? tolong dibalas za

  3. Heru says

    pak saya mau tanya kalau pendaftaran IWC scholarsips itu bagaimana ? dan pendaftaran dimana saja yg masih di buka pak ?

  4. Herodiani Ray says

    Salam Hormat,
    mohon infonya ya?saya guru bahasa inggris disalah satu SMP di NTT,sangat ingin melanjutkan program master lingustik ke Australia dengan bantuan beasiswa.bagaimana caranya Ya?mohon infonya

    makasih banyak

    Hero

  5. Namira Cureiz says

    Pak Ary, mohon share informasi tentang beasiswa S2 ke Malaysia…
    saya baru saja menyelesaikan S1 saya, dan berencana mau melanjutkan S2 Pendidikan Bahasa Inggris di Malaysia
    Oy kira-kira universitas apa yang bagus Pak?
    thx a lot Pak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>